Penjelajah Pramuka Semkanisa. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Survival Membuat Perangkap Hewan

Membuat perangkap hewan di hutan. Ketika di hutan, membuat perangkap merupakan ilmu yang harus di kuasai sebagai salah satu dasar survival ketika kita kehabisan bahan makanan. Di hutan sebenarnya kaya dan penuh akan makanan, hewan dan tanaman semuanya tersedia tinggal bagaimana kita memilih dan mendapatkannya. Untuk tanaman kita bisa mengunakan teknik seuvival memilih tumbuhan, sedangkan untuk hewan kita bisa menangkapnya dengan membuat perangkap.

Perangkap atau trap ini adalah teknik untuk menangkap hewan kecil di hutan yang nantinya bisa kita ambil dagingnya kemudian di makan. Prinsip dalam membuat perangkap ini adalah ia memiliki kekuatan yang cukup, karena akan percuma kalau nantinya hewan yang di tangkap ternyata bisa lolos. Kemudian kita pun harus tau hewan apa saja yang biasanya lewat di daerah tersebut, sehingga kita bisa membuat perangkap yang pas.

Berikut adalah beberapa jenis perangkap yang bisa kita gunakan di hutan.

1. Perangkap Umpan

Membuat Perangkap Hewan Di Hutan

Sesuai namanya maka kita gunakan umpan sebagai perangkap, umpan (bait) di sini adalah suatu jenis makanan yang hewan tersebut familiar nantinya, tidak terlalu besar dan tidak pula terlalu kecil. Prinsipnya sederhana, hanya mengunakan pengait sebagai pemicu dari perangkap ini. Sehingga ketika pengait tersebut kendur, maka tali akan mengencang dan si hewan akan terjerat di lehernya. Tapi hal yang harus di perhatikan adalah arah dari hewat tersebut, pastikan ia mengambil makanan melalui jerat sehingga kita bisa menangkapnya. Lebih baiknya di posisikan untuk leher, namun kalau pun untuk bagian tertentu seperti kaki atau badan, sebenarnya tidak masalah.

2. Perangkap Angka Empat

Membuat Perangkap Hewan Di Hutan

Sesuai namanya, perangkap ini di ambil dari angka empat dan bentuknya menyerupai angka empat. Prinsip dari perangkap ini adalah menjatuhkan benda berat ke hewan. Hal yang perlu di perhatikan adalah benda yang nantinya di jatuhkan harus cukup berat sehingga dapat membunuh hewan sekali jatuh atau paling tidak melukainya.

3. Perangakap Pohon

Membuat Perangkap Hewan Di Hutan

Perangkap ini prinsip kerjanya mirip dengan yang pertama, yaitu mengandalkan ikatan yang menjerat si hewan. Perangkap ini terbilang cukup barbahaya, karena bisa menyebabkan si hewan tergantung dan mati nantinya. Gunakan perangkap ini dengan bijaksana.

4. Perangkap Lubang Kematian

Membuat Perangkap Hewan Di Hutan

Bentuk dan prinsip kerjanya sangat mudah, anda tinggal melihat bentuknya di atas saya kira sudah cukup paham. Ya, perangkap ini menggandalkan hewan yang nantinya kana terperosok ke dalam lubang dan tertusuk sehingga tidak berdaya. Perangkap ini sangat cocok ketika anda berada di hutan dalam waktu yang lama dan tidak memiliki perlengkapan yang mendukung. Perangkap ini dapat menangkap hewan yang besar sekalipun, namun hal yang harus di perhatikan anda akan membutuhkan banyak energi untuk membuat lobangnya, jadi pastikan anda memiliki cukup energi.

Cara membuatnya adalah :

  • Perhatikan jalur hewan yang sering lewat
  • Buat lubang yang cukup besar di sana
  • Berhentilah ketika lubang sudah cukup dalam untuk menahan hewan, kemudian taruh tongkat runcing di bawahnya.
  • Setelah lubang selesai, tutupi dengan ranting ranting dan juga dedaunan di atas nya

Itulah bebarapa jenis perangkap sederhana yang bisa kita gunakan ketika di hutan. Namun hendaknya anda pun memiliki bahan untuk membuatnya seperti kawat, tali, dan sebagainya. Paling tidak anda mililiki pisau survival sehingga anda bisa membuat tali dari kulit pohon. Semoga pengetahuan sederhana ini bisa memberikan tambahan ilmu tentang membuat perangkap hewan di hutan. Oke terimaksih telah membaca postingan saya mengenai survival membuat perangkap hewan, silahkan anda bisa lanjutkan membaca anda tentang Survival Mencari Tanaman Yang Dapat Dimakan Disini...!!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar