Penjelajah Pramuka Semkanisa. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Berlatih Pionering

Pionering
Pionering adalah salah satu teknik kepramukaan yang mempelajari tentang pembuatan model suatu objek dengan menggunakan peralatan tongkat, tali, maupun stik(tongkat ukurang pendek).
Model-model yang dibuat dalam pionering yang sederhana misalnya adalah berupa bentuk jemuran, bintang, dragbar, tiang bendera, dan bentuk sederhana lainnya. Sedangkan bentuk-bentuk yang cukup rumit adalah seperti menara isyarat, menara pengintai, gapura dengan bentuk yang rumit, dan mobil, dan masih banyak lagi. Intinya, dalam pionering sebenarnya hanya terdapat 4 ikatan yaitu ikatan silang, palang, canggah, dan ikatan untuk kaki 3 atau lebih. Yang terpenting adalah kreatifitas dan kemampuan kita dalam pembuatan model yang kita inginkan. Ini Contoh-contoh latihan dasar pionering dari saya :





 




Nah, Setelah bisa mencoba membuat dan menguasai macam-macam pionering dasar diatas. Mari kita langsung belajar membuat macam-macam jembatan seperti dibawah ini :







Yah, kalau anda sudah bisa dan faham tentang pionering, saya juga ikut senang atas ilmu yang anda dapatkan. It's oke tunggu saja postingan saya selanjutnya yah... :) oia, baca juga postingan saya tentang peta pita Disini...!!!:):):)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

14 komentar:

Unknown mengatakan...

Makasih atas Infonya

Unknown mengatakan...

good!!!!

Kolom Blog Gratis mengatakan...

Thanks artikel pionoringnya,...

Rudi mengatakan...

Menarik sekali kakak

Anonim mengatakan...

wa

Anonim mengatakan...

wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooowwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww

DKR Margasari mengatakan...

Bagus....baguss

djunmedia mengatakan...

kak kalau buat pionering tiang bendera tapi yang tiga kaki itu gimana caranya kak?

Unknown mengatakan...

terima kasih ini sangat bermanfaat buat saya

Unknown mengatakan...

BAGUS . .
& terima kasih yW kaK,
artikel/materi nya sangat membantu.
.
.
izin "share" . .

Anonim mengatakan...

Kak, izin coppas ke teman2ku yaa. Soalnya temanku bingungan.

Fajarmr mengatakan...

terimakasih banyak kak materi nya. simple tapi jelas dan langsung ke inti

Bird of Paradise21 mengatakan...

Thanks ilmunya, sgt brmanfaat

Unknown mengatakan...

Trimah kasih kakak

Posting Komentar